Bagi sebagian orang, Kredit Pemilikan Rumah (KPR ) yang disediakan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) hanya dianggap sebagai rumah ‘kecil’ saja. Memang anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru sebab BTN memang telah menjadi spesialis penyalur KPR perumahan skala kecil bahkan ini menjadi alasan munculnya istilah rumah BTN. Namun ternyata kredit rumah BTN punya hal yang lebih dari itu, ada fitur unggulan yang tidak akan Anda temui dari produk KPR bank lain. Oleh karena itu, inilah penjabaran dari alasan mengapa Anda perlu memilih KPR BTN:

1. Jaringan Terluas.

Sudah dapat dipastikan bahwasanya BTN telah memiliki jaringan KPR yang paling luas di seluruh Indonesia, bahkan dari data yang diperoleh per Juni 2013, jumlah jaringan KPR BTN telah mencapai 820 outlet yang tersebar di seluruh provinsi yang ada di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Bahkan ada beberapa orang yang mempunyai bisnis properti di daerah-daerah terpelosok mengandalkan KPR dari BTN dalam hal pembiayaan rumah. Dikarenakan ada beberapa alasan yaitu:

  • KPR BTN dapat dengan mudah ditemukan dari mulai kota-kota besar hingga pelosok kota kecil. Sedangkan beberapa bank swasta nasional lainnya belum tentu memiliki perwakilan KPR pada wilayah-wilayah tersebut.
  • Yang kedua adalah karena KPR BTN memiliki perwakilan di kota atau wilayah tersebut yang mana dibekali dengan pengetahuan lokal mengenai kondisi pada daerah tersebut sehingga dapat memudahkan pengurusan KPR.

2. Tenor KPR BTN Paling Panjang.

Beruntung kredit rumah BTN ini memiliki masa tenor yang cukup panjang. Mengapa hal ini diperlukan? Tidak seperti kredit kendaraan, mobil misalnya, yang nilainya lebih mudah mengalami penurunan/depresiasi, nilai aset dari properti yang dibiayai oleh program KPR justru sebaliknya—mengalami peningkatan/apresiasi. Dengan nilai tersebut, perencanaan finansial akan menyarankan tenor atau jangka waktu KPR dilakukan selama mungkin.

Baca: Mengenal Apa Itu Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Pun seandainya ada tunggakan, hasil dari penjualan aset properti rumah ini masih diperkirakan lebih tinggi daripada hutang sehingga debitur KPR tidak akan merugi. Begitulah kiranya teori mengapa tenor KPR sebaiknya panjang atau lama. Hal ini termasuk bertujuan agar Anda lebih fleksibel atau leluasa dalam membayar angsuran KPR. Anda tidak akan merasa terburu waktu seperti halnya Anda mengejar deadline dalam pekerjaan Anda. Selain itu, KPR BTN ini termasuk yang paling panjang di Indonesia, jika rata-rata hanya sekitar 20 tahun saja, BTN sudah berani menyediakan masa tenor hingga 25 tahun.

3. KPR Subsidi.

Keunggulan lain KPR BTN ini adalah adanya penyaluran kredit rumah bagi golongan masyarakat yang termasuk dalam golongan kurang mampu atau berpenghasilan rendah, yaitu maksimal 3,5 juta rupiah saja dengan pembelian rumah seharga di bawah 100 juta rupiah, dimana bunga yang dipatok adalah suku bunga flat 7.25% sampai masa kredit berakhir, yaitu sekitar 15 tahun.

4. Bunga KPR.

Ini yang tak kalah menguntungkan dan ditunggu-tunggu oleh para calon nasabah KPR dimana kredit rumah BTN ini memiliki suku bunga efektif yang cenderung lebih rendah dibandingkan KPR bank lain. Dari tabel suku bunga KPR BTN menunjukkan bahwa per September 2013, suku bunga flat pada 1 tahun pertama untuk rumah baru di atas 250 juta senilai 8.49% sedangkan untuk rumah lama di atas 350 juta senilai 9.75% serta untuk rumah baru di bawah 250 juta suku bunga 9.99% dan 10.25% untuk rumah lama dengan range harga 150-350 juta rupiah.