Indonesia memiliki paspor baru yang lengkap dengan gambar identitas Indonesia di setiap halamannya. Bagi Anda yang memiliki paspor dan masa berlakunya sudah habis, sekarang adalah saatnya untuk memperpanjang. Ada tips yang mudah dan efektif untuk perpanjang paspor agar tidak menyulitkan Anda. Paspor baru Indonesia yang baru memiliki warna cover tosca dengan aneka lambang yang jadi identitas Indonesia pada bagian dalamnya. Ada gambar Pulau Belitung, Ondel-ondel, Tari Saman, harimau Sumatera, Raja Ampat dan masih banyak lagi.

Jika saat ini masa berlaku (valid) paspor Anda terhitung sudah kurang 6 bulan lagi, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan perpanjangan paspor. Perpanjangan paspor ini tentu saja dapat dilakukan pada kantor-kantor imigrasi. Perpanjangan paspor ini diklaim dapat selesai dalam waktu 3 hari kerja saja. Supaya tidak membuang-buang waktu Anda, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar proses perpanjangan paspor tidak ribet dan sulit:

Baca: Berbagai Peluang Bisnis UKM Bagi Para Mahasiswa

1. Registrasi online

Hal pertama yang musti Anda lakukan adalah dengan melakukan pendaftaran online. Nah sebaiknya Anda melakukan registrasi online ini adalah pada pagi hari dan segera lakukan pembayaran pada siang hari. Caranya adalah dengan mengakses situs imigrasi.go.id lalu klik “Layanan Paspor Online”, kemudian isi formulir dalam tabel “Pra Permohonan Personal”. Disitu Anda perlu memasukkan jenis permohonan Anda seperti permohonan paspor baru, penggantian serta perubahan data paspor. Cantumkan nomor paspor lama Anda lalu pilih jenis paspor yaitu 24 atau 48 halaman. Yang perlu jadi catatan, kini sudah tidak ada lagi perbedaan antara paspor 24 atau 48 halaman, yang beda hanyalah harganya yaitu 155 ribu untuk paspor 24 halaman dan 355 ribu untuk paspor 48 halaman. Anda juga perlu memasukkan email pribadi Anda dan memilih lokasi kantor imigrasi yang daftarnya lengkap pada form tersebu.

Baca Juga: 4 Detail Pajak Penghasilan yang Wajib Diketahui Oleh Anda

2. Pembayaran

Langkah perpanjang paspor selanjutnya setelah Anda mengisi form registrasi, maka saatnya Anda mengisi form pembayaran ya. Dimana Kantor Imigrasi Pusat akan mengirimkan email yang isinya adalah surat pengantar yang diperlukan saat melakukan pembayaran di bank terkait. Surat tersebut harus dicetak untuk ditunjukkan pada teller BNI. Pembayaran dapat dilakuan di seluruh cabang BNI mana saja. Anda akan diminta membayar jumlah yang tercantum pada surat serta biaya administrasi sebesar 5 ribu rupiah. Dari teller, Anda akan mendapat struk pembayaran untuk dibawa ke kantor imigrasi.

3. Membuat jadwal foto dan wawancara

Masih pada hari yang sama, bukalah kembali email yang Anda terima dari kantor imigrasi lalu klik tautan yang tertera pada badan email. Ini merupakan tautan untuk halaman permohanan jadwal wawancara, Anda hanya tinggal menentukan hari serta tanggal, kemudian datangi kantor imigrasi yang buka dari pukul 08.00 hingga 14.00 siang saja. Segera jadwalkan keesokan harinya agar tidak membuang-buang waktu Anda.

Baca: Berbagai Peluang Bisnis UKM Bagi Para Mahasiswa

4. Mempersiapkan dokumen pribadi serta mengisi formulir

Dokumen yang diperlukan dalam perpanjang paspor antara lain Akta Kelahiran, KK, KTP dan paspor lama Anda. Fotokopilah semua dokumen tersebut sebanyak  1 kali dalam ukuran A, masukkan semuanya dalam map atau amplop. Jangan lupa juga membawa dokumen asli karena akan digunakan untuk mencocokkan data saat Anda mendaftar di keesokan harinya. Jangan lupa juga membawa serta struk pembayaran dari bank dan juga formulir yang dikirimkan melalui email Anda untuk diisi lengkap. Datanglah sepagi mungkin setidaknya 1 jam sebelum kantor imigrasi dibuka agar antrean tidak panjang.