Dubai telah mencapai keberhasilannya dalam dunia arsitektur dengan membangun sebuah gedung pencakar langit yang dinamai dengan Burj Khalifa. Gedung tersebut telah resmi dibuka pada tanggal 4 januari 2010. Gedung tertinggi di dunia tersebut memiliki bangunan yang berisikan 160 lantai. Gedung ini dibuat oleh manusia, segala kehebatan arsitektur yang telah menjadi penyusunan Burj Khalifa memiliki 10 fakta yang unik dan membuat gedung tertinggi tersebut mulai terkenal dengan segala keunikan yang ada di dalamnya.

Uni Emirat Arab memperlihatkan kebanggaannya atas keberhasilan dalam mengubah segala wilayah yang dulunya merupakan wilayah berpasir, kini telah diubah menjadi sebuah negara yang berkembang dan juga maju dalam waktu setengah abad tersebut. Bahkan negara tersebut telah terkenal dengan keunikan dalam dunia arsitekturnya yang kini sudah banyak orang-orang yang mengetahui mengenai gedung tertinggi tersebut.

Adapun beberapa keunikan yang dapat dilihat dari gedung tertinggi di dunia tersebut yaitu seperti yang ada di bawah ini:

  1. Burj Khalifa memiliki ketinggian 868 meter yang lebih tinggi dua kali lipat dari Empire State serta lebih tinggi 3 kali lipat dari menara Eiffel.
  2. Burj Khalifa menjadi sebuah bangunan yang berstruktur bebas karena tanpa penyangga yang merupakan gedung tertinggi yang ada di dunia serta memiliki lift yang berjarak paling jauh di dunia.
  3. Beton yang digunakan dalam membangun Burj Khalifa setara dengan 100.000 gajah. Jumlah baja yang digunakan pun setara dengan banyak nya baja pada 5 pesawat Airbus 380.
  4. Memiliki desain bangunan yang secara keseluruhan seperti bentuk bunga Hymenocallis yang berasal dari negara Yunani.
  5. Perancang gedung Burj Khalifa merupakan dari perusahaan yang berasal dari Korea Selatan serta Samsung Engineering dan Construction.
  6. Biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan gedung Burj Khalifa sebesar 1,5 milyar dollar AS.
  7. Pekerja dalam pembangunan gedung tersebut terdiri dari 12.000 pekerja.
  8. Bangunan tertinggi ini dapat dilihat dari jarak 95 km.
  9. Burj Khalifa memiliki lift yang berjumlah 54 dengan kecepatan yang dimiliki 60km/jamnya.
  10. Memiliki 4 lantai yang dikhususkan untuk hal kebugaran serta wisata juga.

Baca: Kultum Singkat Setelah Subuh Merupakan Pencerahan Terbaik

Pada awalnya gedung tertinggi ini diberi sebutan nama Burj Dubai. Akan tetapi untuk menghormati penguasa Abu Dhabi Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyah yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan yang terjadi pada tahun 2009 lalu, sehingga gedung Burj Dubai diganti dengan nama Burj Khalifa yang dijadikan sebuah penghargaan bagi pahlawan yang telah menyelamatkan Dubai.

Dengan ketinggian bangunan yang merupakan tertinggi di dunia, maka hal tersebut menjadikan Burj Khalifa menjadi pemecah rekor gedung tertinggi dan juga menjadi pemecah rekor atas struktur bebas yang memiliki ketinggian yang tidak ada tandingannya. Bangunan yang memiliki ketinggian 800 meter dengan 160 lantai tersebut hanya dapat dihuni pada ketinggian 636 meter saja.

Burj Khalifa memiliki parkiran yang ada di bawah tanah yang dapat menampung kendaraan sebanyak 3000 kendaraan. Kebutuhan gedung tersebut memerlukan pasokan air sebanyak 15 juta galon air dan hal itu setara dengan 20 kolam renang yang memiliki standar olimpiade. Lampu yang digunakan pada gedung tertinggi di dunia tersebut sebanyak 360.000 bohlam yang masing-masing lampu memiliki daya 100 watt. Selain menjadi tempat perkantoran gedung tersebut juga dijadikan sebagai hotel serta apartemen yang memiliki daya tampung untuk 900 orang dengan kamar hotel sebanyak 160 kamar serta memiliki 144 kamar apartemen.