Kebutuhan listrik semakin lama semakin mengalami peningkatan seiring dengan penambahan jumlah penduduk dan frekuensi pembangunan rumah baru yang diikuti dengan peningkatan pemasangan listrik baru. Kebutuhan listrik di Indonesia sebagian besar masih di penuhi oleh pembangkit listrik dengan menggunakan energi diesel sehingga cadangan listrik menjadi semakin berkurang. Listrik memerlukan biaya operasional yang cukup besar, oleh sebab itu pelanggan wajib melakukan pembayaran rekening untuk kelancaran operasional PLN. Tunggakan rekening listrik bisa berakibat kinerja dari PLN menjadi semakin buruk. Karena hal inilah kita harus berpartisipasi untuk membantu PLN dengan melakukan bayar listrik online.

Pada awalnya, melakukan pembayaran listrik harus membuat kita mengantri di kantor PLN. Tetapi dengan perkembangan jaman pembayaran listrik bisa dilakukan dengan cara online di loket. Dengan fasilitas secara online ini, pelanggan tidak akan lagi terikat pada tempat pembayaran. Berikut beberapa tempat untuk melakukan pembayaran listrik dengan cara online, seperti:

  • Kantor pos. Pembayaran ini dilakukan di loket. Bila pelanggan memilih membayar menggunakan cara ini, pelanggan dapat memilih seluruh kantor pos atau pun pos keliling yang telah terdaftar sebelumnya,
  • Dengan menggunakan loket pembayaran PPOB, SMS banking hingga internet banking. Anda bisa membayar listrik pascabayar dengan membeli voucher sendiri atau melakukan pembayaran di loket penyedia jasa PPOB, yakin perbankan yang melakukan kerjasama dengan PLN menggunakan ATM, SMS banking hingga internet banking.

Artikel Terkait: Cara Menghemat Listrik

Membayar listrik semakin mudah dengan melalui internet dan menggunakan layanan internet banking. Anda bisa langsung datang di loket pembayaran listrik yang banyak disebar dan dapat membayar secara langsung melalui ATM. Cara melakukan pembayaran listrik menggunakan ATM sekarang ini menjadi salah satu cara yang praktis karena tidak harus datang ke loket pembayaran yang harus antri. Cara pembayaran menggunakan ATM memang begitu efisien dan bisa menghemat tenaga dan waktu. Ada beberapa cara bayar listrik online. Pertama, melakukan pembayaran dengan cara SMS. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan layanan SMS banking dari bank yang melakukan kerjasama dengan PLN. Langkah membayar tagihan seperti pilih menu pesan di ponsel – compose SMS – BYR PLN Kode rek ID pelanggan dan ketik nomor tujuan – konfirmasi transaksi – ketika kombinasi PIN yang diminta – konfirmasi transaksi pun berhasil.

Untuk pembayaran melalui ATM dan melakukan pembayaran tagihan, lebih baik Anda melakukan pengecekan jumlah tagihan yang harus Anda bayar. Langkahnya ialah menyiapkan kwitansi – menu pembayaran – listrik/ PLN – listrik pasca bayar – nomor ID pelanggan – muncul konfirmasi dan informasi yang berhubungan dengan pelanggan – klik bayar.

Pembayaran tagihan listrik PLN bisa dilakukan secara online dengan menggunakan internet banking. Syaratnya, Anda mempunyai akun internet banking dan bisa menggunakan via bank lain yang bekerjasama dengan PLN. Anda hanya perlu login di web internet banking dan masuk di menu pembayaran tagihan, setelah masuk ke menu tagihan klik menu pembayaran tagihan listrik dan ikuti seluruh petunjuk.

Bayar listrik online ini begitu mudah dilakukan, sehingga jangan sampai Anda melakukan keterlambatan pembayaran. Dengan menggunakan kemudahan ini, Anda juga tidak akan membuang banyak waktu. Jangan hanya memikirkan denda yang akan Anda dapatkan ketika melakukan pembayaran listrik terlambat, namun pikirkan pula seperti apa beratnya beban dari PLN dengan banyaknya tunggakan listrik, jadi perhatikan dengan baik cara pembayaran ini.