Balik nama mobil adalah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat membalikkan nama di sertifikat mobil menjadi nama kita. Proses ini sendiri hanya berlaku untuk masyarakat yang membeli mobil bekas karena sertifikat yang dipunyai nya adalah nama dari pemilik terdahulu. Sehingga untuk dapat mempunyai mobil tersebut termasuk juga dengan sertifikat atau surat-surat mobil menjadi nama kita harus diurus terlebih dahulu dengan cara balik nama mobil tersebut ke lembaga yang bersangkutan. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui syarat balik nama mobil dan juga rincian biayanya bisa untuk mencermati beberapa hal berikut ini.

Pembalikan nama mobil sendiri membutuhkan biaya yang beragam. Bahkan ada juga yang gratis seperti di Provinsi Riau yang menurut aturan pemda nya untuk balik nama kendaraan baik itu motor maupun mobil tidak dipungut biaya sama sekali. Hal tersebut tentu sangat meringankan untuk masyarakat yang tinggal dan membeli kendaraan bekas di provinsi tersebut karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat melakukan balik nama mobil. Tetapi penghapusan biaya balik nama kendaraan tersebut hanya berlaku di provinsi Riau saja dimana untuk provinsi lain masih menggunakan sistem pembayaran dan biaya yang masih berlaku menurut tempat dan provinsi masing-masing.

Untuk pembiayaan balik nama mobil yang baru dibeli tetapi dalam kondisi bekas mempunyai dua biaya yang dibedakan dari biaya pajak dan non pajak. Selain syarat balik nama mobil yang harus lengkap, biaya ini juga harusnya diperhatikan oleh masyarakat yang akan membuat balik nama mobil. Dimana untuk biaya pajak yang harus disiapkan untuk balik nama mobil adalah sebagai berikut:

  • PKB merupakan biaya pajak untuk kendaraan bermotor yang kisaran biayanya dapat dilihat pada STNK yang dimiliki.
  • BBN KB merupakan jenis biaya untuk balik nama kendaraan dengan rumus 2/3 kali PKB.
  • SWDKLLJ merupakan biaya sumbangan untuk dana kecelakaan lalu lintas yang harganya berbeda setiap dimana untuk mobil 143 ribu sedangkan untuk motor cukup 35 ribu saja.

Baca: Mengenal Apa Itu Kredit Tanpa Agunan Mandiri

  • Biaya administrasi STNK yang harganya juga ditetapkan pemerintah dimana untuk mobil 75 ribu sedangkan untuk motor 50 ribu.
  • Biaya ADM TNKB untuk administrasi tanda kendaraan bermotor untuk mobil 50 ribu dan untuk motor 30 ribu.

Selain biaya pajak, ada juga biaya diluar pajak yang harus dibayarkan oleh seseorang yang akan balik nama mobil atau motor dengan rincian seperti berikut ini:

  • Biaya pengesahan hasil tes fisik 30 ribu.
  • Biaya pendaftaran balik nama untuk STNK mobil sebesar 30 ribu.
  • Biaya pendaftaran balik nama untuk BPKB untuk mobil 100 ribu.

Sedangkan untuk syarat yang harus dikumpulkan dan dibawa apabila ingin balik nama mobil adalah sebagai berikut:

  • Masyarakat yang akan membalikkan nama mobil harus membawa fotokopi KTP dari pemilik sebelumnya dan juga pemilik mobil yang baru.
  • Masyarakat harus membawa serta surat mobil seperti BPKB dan juga STNK baik yang asli dan fotokopi nya.
  • Masyarakat harus membawa kuitansi jual beli untuk kendaraan yang telah berpindah pemilik yang dilengkapi dengan materai 6 ribu.

Setelah semua syarat balik nama mobil telah dikumpulkan hal yang harus dilakukan adalah datang ke Samsat. Dan mengikuti semua proses untuk balik nama mobil ini dari cek fisik mobil, mengisi formulir data untuk balik nama, hingga nantinya proses selesai dan bisa mendapatkan STNK dan BPKB yang baru dengan nama Anda sebagai pemilik mobil yang baru.