Bank Mandiri tidak ingin kalah dengan bank-bank lain dalam hal penyaluran kredit pinjaman kepada nasabah. Selain Kredit Usaha Rakyat mikro, mandiri juga menyiapkan produk pinjaman tanpa jaminan atau yang biasa disebut Kredit Tanpa Agunan Mandiri. Kredit Tanpa Agunan, merupakan pinjaman yang paling banyak digunakan oleh nasabah, karena pinjamannya yang sangat mudah yaitu Kredit Tanpa Agunan. Buat sebagian banyak orang yang membutuhkan dana mendesak tetapi dana di tabungan tidak mencukupi, Kredit Tanpa Agunan menjadi solusi yang tepat.

Melihat prospek kebutuhan kredit yang semakin besar, Bank Mandiri memfasilitasi kredit bagi Anda yang membutuhkan pinjaman. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan Mandiri merupakan kredit yang diberikan kepada perorangan tanpa agunan dari Bank Mandiri untuk berbagai kebutuhan kesehatan, pendidikan, pernikahan, renovasi rumah dan kebutuhan keluarga lainnya. Kredit tanpa agunan ini dapat digunakan untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif. Karena tanpa agunan atau jaminan, biasanya proses pengajuan pinjaman, penyeleksian dan persetujuan pinjaman hingga dana dicairkan tidak terlalu sulit seperti produk pinjaman lain seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan dan sebagainya. Pengajuan pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang mengajukan langsung ke kantor Bank Mandiri dengan membawa dan melengkapi persyaratan-persyaratan. Umumnya syarat pengajuan Kredit Tanpa Agunan ini adalah:

• Warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
• Memiliki usia minimal 21 tahun saat mengajukan dan 55 tahun saat perjanjian berakhir.
• Telah bekerja dengan masa kerja minimal 1 tahun.
• Memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000.
• Limit kredit minimal 5 kali gaji atau Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 200.000.000.

Selain itu adapun persyaratan dokumen yang harus dilengkapi oleh calon nasabah apabila ingin mengambil pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini. Berikut persyaratannya:

• Fotocopy kartu identitas (KTP) pemohon.
• Fotocopy ID Card pegawai.
• Fotocopy buku rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.
• Fotocopy surat keterangan penghasilan atau slip gaji.
• Siapkan materai 6000 sebanyak 3 lembar.

Jika Anda adalah calon nasabah yang ingin mengambil produk pinjaman Kredit Tanpa Agunan di Bank Mandiri, maka ketahuilah terlebih dahulu jenis-jenis produk tersebut. Karena KTA Mandiri memiliki lima jenis yaitu:

1. KTA Reguler,
Yaitu produk pinjaman tanpa agunan atau jaminan yang diperuntukan untuk perorangan dengan status pegawai atau karyawan dan belum memiliki rekening.

2. KTA Payroll,
Yaitu produk pinjaman bagi nasabah Bank Mandiri yang masih berstatus pegawai atau karyawan.

3. KTA Take Over,
Yaitu produk pinjaman nasabah dengan sistem pindahan. Jenis produk ini diperuntukan untuk nasabah yang ingin memindahkan pinjamannya dari bank lain ke Bank Mandiri dengan suku bunga yang lebih kompetitif dan adanya tambahan peminjaman.

4. KTA Cross Sell,
Yaitu fasilitas pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang telah memiliki tabungan rencana atau deposito.

5. KTA Mitrakarya,
Yaitu produk pinjaman yang diperuntukan untuk pegawai atau karyawan yang berasal dari mitra atau partner Bank Mandiri.

Selain mengetahui jenis-jenisnya, alangkah baiknya Anda juga mengetahui kelebihan dari produk tersebut agar bisa dijadikan pertimbangan. Karena sejatinya produk pinjaman Kredit Tanpa Agunan Mandiri ini selain memiliki kelebihan yaitu tanpa menggunakan agunan atau jaminan dalam pengajuannya. Produk ini juga memiliki banyak kelebihan lain, salah satunya yaitu, mendapatkan limit kredit hingga Rp 200jt dengan cicilan ringan hingga 3 tahun dan bisa dilunasi kapan saja baik sebagian maupun keseluruhan serta mendapatkan perlindungan asuransi.